KONTAK BARU : Call/Sms 083869817074 / 081252456811 Wa: 083869817074 BBM PIN: D062A1A1

OBAT GATAL MEMERAH PADA KULIT KEMALUAN PRIA DAN WANITA DI APOTIK

OBAT GATAL MEMERAH PADA KULIT KEMALUAN PRIA DAN WANITA DI APOTIK-Rasa Gatal yang dirasakan pada organ kewanitaan adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan cenderung tidak berbahaya. Namun jika situasi ini berlanjut hingga lebih dari beberapa hari atau disertai gejala lain. Maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. 



Gatal pada daerah kemaluan wanita tentu sangat mengganggu sekali. Penyebab utamanya ialah jamur, jamur sangat menyukai tempat-tempat lembab. Sama seperti pada daerah kemaluan. Karena daerah kemaluan wanita sering lembab terutama ketika sehabis berkeringat. Masalah inilah yang membuat jamur mudah berkembang biak di sekitar miss v hingga menimbulkan gejala gatal-gatal.
Penyebab gatal di kemaluan

Gatal pada miss v dapat terjadi karena satu atau kombinasi beberapa penyebab. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendeteksi kondisi yang menyebabkan gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum:

1.Penggunaan bahan kimia
 
Gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.

2.Infeksi jamur/kandidiasis vagina
 
Jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual. Dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.

3.Vaginosis bakteri
 
Keberadaan bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Selain gatal, umumnya vaginosis bakteri diiringi gejala seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari vagina.

4.Penyakit menular seksual (PMS)
 
Herpes, klamidia, trikomoniasis, dan gonore.

5.Lichen sklerosis
 
Bercak putih pada kulit sekitar kemaluan. Kondisi yang jarang terjadi ini umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim juga dapat menyebabkan gatal. Iritasi pada vagina umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Jika tidak, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

OBAT GATAL GATAL

1.Krim kortikosteroid
 
Obat gatal ini cara pemakaiannya dioleskan pada kulit. Krim kortikosteroid ini berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat menghilangkan gatal. Tentunya krim obat gatal ini digunakan pada kasus-kasus gatal pada daerah kulit tertentu bukan pada kasus gatal seluruh tubuh. Oleskan pada kulit yang terlibat 3-4 kali sehari. Penggunaan obat gatal ini sebaiknya atas petunjuk dokter. Mengingat pada kasus-kasus kulit gatal tertentu tidak boleh menggunakan obat ini, seperti kulit gatal akibat jamur contohnya panu. Jika penyebab gatal adalah jamur dan menggunakan obat ini bukannya sembuh malah akan menjadi parah.

2.Kortikosteroid Oral
 
Obat gatal kortikosteroid oral (minum) pada prinsipnya memiliki kerja yang sama dengan krim kortikosteroid. Seperti telah saya sebutkan diatas yakni sebagai anti radang dan anti alergi. Perbedaan penggunaannya tergantung dari luas tidaknya gatal kulit yang terlibat. Sebagai contoh jika kulit gatal sangat luas hampir seluruh tubuh akibat alergi makanan maka kortikosteroid oral lah pilihannya. Kalau pakai krim mau habis berapa banyak coba? Sesuai juga dengan logika sederhana bukan! Baca juga obat sipilis di apotik! Ingat!! Penggunaan kortikosteroid jangka panjang tidak diperkenankan tanpa pengawasan dokter!

3.Antihistamin oral

Obat gatal Antihistamin ini adalah obat minum. Berfungsi untuk menghambat histamin yang merupakan zat kimia tubuh yang menyebabkan rasa gatal. Salah satu contoh obat gatal antihistmain yang populer di masyarakat yakni CTM. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa efek samping dari obat ini adalah rasa kantuk. Sehingga banyak yang menyalahgunakannya sebagai obat tidur. Obat gatal ini memang tergolong masih efektif untuk menghilangkan gatal. Tapi harus diminum seperlunya dengan frekuensi minum 3-4 x kali sehari masing-masing 4mg. Namun demikian, masih banyak obat antihistamin lainnya yang lebih ampuh dari CTM. Bahkan yang tidak memiliki efek samping ngantuk seperti loratadine dan cetirizine.

4.Clotrimazole dan Miconazole
 
Obat jamur kulit paling ampuh ini bekerja dengan cara menghambat biosintesis ergosterol dan sterol lainnya. Sehingga dapat merusak membran sel jamur yang membuat elemen intrasel jamur menjadi bocor dan akhirnya mati. Digunakan untuk mengobati tinea pedis, tinea cruris, dan tinea corporis. Umumnya digunakan sehari dua kali selama 4 minggu. Hasilnya dapat dilihat setelah 2 minggu pemakaian. Efek samping berupa rasa panas pada kulit dan iritasi ringan.

5.Terbinafine Hydrochloride
 
Bekerja dengan cara menghambat epoxidase sehingga sel jamur menjadi kekurangan ergosterol yang menyebabkan kematian sel jamur. Obat jamur kulit krim ini digunakan untuk mengobati kutu air, tinea cruris, dan tinea corporis. Umumnya digunakan pada area yang sakit sebanyak dua kali sehari. Efek samping yang sering muncul berupa iritasi kulit, rasa panas, dan kulit kering.

6.Tolnaftate
 
Meskipun belum diketahui dengan pasti bagaimana mekanisme obat ini. Namun zat yang terkandung didalamnya diketahui akan merusak hifa dan misela yang berperan dalam pertumbuhan jamur. Obat jamur kulit ini tidak hanya untuk mengobati tetapi juga dapat mencegah jamur kulit. Digunakan langsung pada daerah kulit yang terkena sebanyak dua kali sehari setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan. Pengobatan efektif akan didapat pada penggunaan 2 sampai 4 minggu. Dan terkadang memerlukan waktu 4 hingga 6 minggu pada beberapa pasien.

7.Butenafine Hydrochloride
 
Memiliki cara kerja yang sama dengan Terbinafine, digunakan untuk mengobati jamur kutu air, jamur di selangkangan, dan kurap. Cara penggunaannya langsung dioleskan pada kulit yang terserang jamur sebanyak dua kali sehari selama empat minggu. Untuk jamur di selangkangan dan kurap cukup digunakan sekali sehari. Selama dua minggu sesuai petunjuk dokter.

8.Ketoconazole
 
Ketoconazole Adalah anti jamur azol turunan imidazole sintesis. Obat ini bekerja dengan menghambat kerja enzim sitokrom p450 pada membran sel jamur. Sehingga mengganggu sintesa ergosterol yang merupakan komponen penting dari membran sel jamur. Dengan mekanisme kerja seperti ini, ketoconazole dinobatkan sebagai obat jamur kulit paling ampuh. Karena bisa mengobati semua jenis infeksi jamur kulit, seperti kurap, kutu air, panu, dan sebagainya.

Diberdayakan oleh Blogger.